Luruskan Persepsi

Di dalam dunia bisnis, sebuah Perusahaan pasti menginginkan produknya dapat dinikmati oleh konsumen dengan cepat, efisien, dan merata. Berbagai jalur distribusi telah tercipta seiring berkembangnya teknologi dan tingkat konsumerisme. Ada yang menyalurkan produknya melalui Perusahaan lain (Distributor), ada yang melalui pihak lain (Grosir/Retailer), ada juga yang menyalurkan produknya secara langsung ke konsumen tanpa melalui pihak lain (Direct Selling).

Dengan makin berkembangnya teknologi dan makin kuatnya persaingan dalam dunia bisnis, cara-cara pendistribusian produk tersebut makin dikembangkan lagi dengan cara penyaluran melalui konsumennya. Ini yang kemudian disebut pola pendistribusian Multi Level Marketing atau Networking, yang biasa disingkat MLM.

Sebagian orang mempunyai persepsi yang kurang tepat terhadap bisnis pemasaran yang dijalankan dengan sistem MLM. Padahal secara prinsip distribusi, bisnis ini tidak ada bedanya dengan bisnis lain. Lalu mengapa masih banyak di antara kita yang berpikir bahwa bisnis MLM adalah bisnis tipuan?

Hal-hal berikut ini sering menjadi tanggapan atas bisnis MLM :

  • Banyak yang telah mencoba berulangkali tetapi selalu gagal
  • Bisnis yang menjanjikan impian yang manis-manis
  • Bisnis skema piramida, dimana posisi yang di atas yang diuntungkan
  • Bisnis yang bisa berjalan bila kita punya banyak teman dan relasi
  • dan masih banyak tanggapan negatif lainnya …

Mari kita luruskan persepsi tersebut pada tempatnya, simpan dulu ego Anda. Bisnis ini sama sekali sama dengan bisnis lain, yang harus dikerjakan dengan konsisten. Sebenarnya tidak ada yang gagal dalam menjalankan bisnis ini, hanya saja mereka berhenti terlalu cepat, kecuali Perusahaan yang menyediakan produknya bubar. Dalam bisnis apapun diperlukan kerja keras dan keuletan untuk menjalankannya, serta kemauan untuk belajar menjadi sukses.

Semua bisnis menjanjikan keuntungan, Anda tentu tidak mau menjual produkAnda tanpa mendapat keuntungan. Anda tidak akan melakukan pekerjaan tanpa mendapat bayaran (gaji), kecuali untuk tujuan amal. Begitu pula dengan bisnis MLM, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan apapun apabila tidak menjalankan sistemnya.

Di Perusahaan manapun hanya ada satu pemimpin dalam ruang lingkup kerjanya, dan jarang kesempatan setiap orang untuk menduduki posisi tersebut. Fokus bisnis MLM adalah membawa sebanyak mungkin orang ke puncak !

Yang diperlukan dalam menjalankan bisnis MLM adalah kesediaan Anda untuk menjalankan sistemnya yang membuat kerja Anda menjadi lebih mudah. Siapapun Anda, latar belakang Anda, pendidikan Anda, status Anda, asalkan Anda mau menjalankan sistemnya, kesuksesan hanya masalah waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: